Mengintip Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Neon Tetra

Dalam kesempatan kali ini, kami mencoba menggali lebih dalam lagi mengenai budidaya ikan hias neon tetra, setelah sebelumnya dibahas sekilas mengenai ikan neon tetra itu sendiri. Ikan ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama para penghobi akuarium dan ikan hias itu sendiri. Tak sedikit pula dari pera penggemar ikan hias tersebut mencoba untuk membudidayakan ikan cantik yang satu ini. Lalu, bagaimana sebenarnya prospek bisnis budidaya ikan hias neon tetra ini?

Peluang Usaha Budidaya Neon Tetra Masih Terbuka

Ikan ini, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memiliki cukup banyak peminat. Permintaan akan ikan ini sedang meningkat akibat meroketnya kepopuleran ikan hias neon tetra ini. Maka dari itu, membudidayakan ikan neon tetra dapat menjadi salah satu solusi perekonomian karena ikan ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan tinggi karena banyaknya permintaan dari pasar serta harga jual yang lumayan tinggi pula.

Bagaimana Cara Untuk Memulai Mengembangbiakkannya?

Sebenarnya, untuk mengembangbiakkan ikan hias eksotis ini bisa dibilang susah-susah gampang. Dari segi kesulitannya, ikan ini membutuhkan perlakuan khusus, tidak seperti ikan hias jenis lain misalnya ikan guppy atau ikan cupang. Namun disisi lain, ikan ini juga mudah dibudidayakan karena memiliki frekuensi berkembang biak yang cukup tinggi.

Untuk memulai mengembang biakkan ikan ini, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu segala sesuatu mengenai ikan hias neon tetra ini. Hal yang paling mendasar untuk dipelajari adalah cara membedakan indukan jantan dan betina. Ciri utama dari indukan jantan ialah memiliki postur tubuh yang ramping, serta memiliki garis neon lurus yang agak panjang. Sebaliknya, indukan betina bercirikan tubuh yang cenderung pendek dengan perut yang agak buncit. Garis neon pada tubuhnya pun agak membengkok.

Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Untuk memijah ikan hias ini, kita memerlukan sebuah breeding tank berupa akuarium kaca. Ukuran dari akuarium itu sendiri menyesuaikan jumlah indukan. Sebagai patokan, akuarium dengan ukuran 40 x 20 x 20 cm dapat menampung 8-10 ekor indukan neon tetra, dengan perbandingan 1:2, atau satu ekor jantan berbanding dua ekor betina.

Related posts: