Menu Sahur Sehat Supaya Puasamu Lancar

Santap sahur sudah menjadi hal yang biasa saat kita menjalankan ibadah puasa. Kita mesti bangun dini hari untuk menyantap makanan sebelum kita memulai berpuasa. Namun, banyak diantara kita yang tidak terlalu memerhatikan menu makanan kita saat sahur.

Biasanya, menu sahur yang kita makan itu seadanya dan yang penting makan. Sebenarnya, itu tidak baik lho. Saat sahur, kita tidak boleh menganut prinsip ‘yang penting makan’ sebab nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita santap saat sahur akan mempengaruhi kondisi tubuh dan ibadah puasa kita di siang hari.

Hindari Makanan-Makanan Yang Digoreng

Seperti yang sudah diketahui secara umum, makanan-makanan yang digoreng itu kurang bagus untuk kesehatan. Tentunya ini juga berlaku untuk makanan yang kita makan saat sahur. Ada baiknya jika kita menghindari makanan-makanan yang mengandung terlalu banyak minyak di saat santap sahur.

Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih saat sahur dapat membuat tubuh lebih cepat lemas saat berpuasa. Ini disebabkan oleh kemampuan minyak untuk mengurangi kadar air dalam tubuh, sehingga kita bisa cepat merasa haus setelah makan makanan yang berminyak.

Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang tanpa minyak. Selain lebih menyehatkan, makanan-makanan tersebut juga bisa membantu puasa kita lebih berenergi lho.

Kita bisa coba berbagai macam pepesan untuk santap sahur, seperti pepes ayam, pepes jamur, dan sebagainya. Pepesan diproses dengan cara dikukus, sehingga tidak mengandung minyak yang berlebihan.

Selain itu, kita juga perlu asupan serat, vitamin dan mineral yang cukup saat sahur. Ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Pastikan buah dan sayuran selalu termasuk ke dalam menu sahur kita ya! Salad buah dan sayur juga bukan merupakan pilihan yang buruk untuk santap sahur.

Dan satu hal lagi yang perlu diingat, sebaiknya kita menghindari makan makanan yang sulit dicerna saat sahur. Makanan yang sulit dicerna akan membuat lambung membutuhkan energi lebih untuk mencerna makanan tersebut sehingga sangat tidak baik untuk kita yang sedang berpuasa.

Related posts: