Meraup Untung Dari Usaha Ternak Ikan Gurameh

Memang membuka usaha lebih menguntungkan jika dibandingkan ikut kerja ke orang lain, usaha yang tidak repot dan juga sudah jelas untungnya adalah usaha ternak ikan gurameh. Ikan satu ini adalah ikan yang tergolong ikan mewah karena harganya yang mahal dan banyak dicari oleh penikmat kuliner. Dengan melihat peluang ini maka tidak ada ruginya jika mencoba usaha ternak gurameh ini.

Tips Berternak Ikan Gurameh

Berternak gurameh itu berbeda dengan berternak ikan yang lainnya, karena ikan ini mudah mati dan juga lama berkembangnya jadi perlu ketelitian yang tinggi dalam berternak ikan ini. Tetapi semua kesulitan tersebut akan terbayarkan apabila sudah panen, karena untungnya akan melimpah ruah. Untuk dapat berternak ikan ini dengan benar maka lakukanlah tips berikut ini.

  • Memperhatikan Kedalaman Kolam

Ikan gurameh tidak akan bisa hidup apabila kedalaman kolam itu tidak sesuai, kedalaman kola mini harus disesuaikan dengan umur ikan. Jika ikan itu masih kecil maka kolam jangan terlalu dalam, sebaiknya buat kolam dengan kedalaman sekitar 30 centimeter saja. Untuk ikan yang berukuran sedang ini sudah bisa hidup di kolam yang agak dalam, yaitu di kedalaman 50 centimeter. Jika ikan sudah besar ini bisa hidup di kolam dalam dan juga kolam yang sedang kedalamannya karena daya tahan tubuh sudah lebih baik.

  • Kondisi Air

Kondisi dari air kolam juga perlu diperhatikan, karena ini akan berpengaruh pada kondisi ikan. Jika air kolam itu keruh dan kurang kandungan oksigennya maka ikan akan mudah mati, untuk membuat kolam lebih jernih dan memiliki kandungan oksigen banyak maka kolam perlu diberi tanaman air. Selain bisa membuat sirkulasi udara lebih baik juga akan bisa menjadi makanan bagi ikan.

  • Makanan

Tips yang terakhir adalah harus memperhatikan makanan yang diberikan, untuk gurameh yang sedang berkembang itu bukan saja diberikan pelet tetapi harus ada makanan tambahan. Makanan itu adalah daun bisa daun tales, daun singkong dan juga daun pepaya. Semua makanan itu akan membuat ikan lebih sehat dan cepat besar.

Related posts: