Misteri Gloomy Sunday Di Kedua Liriknya

Gloomy SundayMisteri Gloomy Sunday dikenal oleh masyarakat Hongaria sebagai kisah menakutkan dan meresahkan. Bahkan oleh masyarakatnya sendiri lagu ini disebut dengan lagu bunuh diri Hongaria. Bagaimana tidak, sejak diciptakannya lagu ini, rentetan kematian demi kematian seperti menghantui disekitar mereka. Dan terlepas dari benar atau tidaknya bahwa lagu Gloomy Sunday telah terkena kutukan, dunia telah cukup dihebohkan, dan masyarakat dibuat kacau dengan keresahan yang cukup membuat kecaman dimana-mana. Bahkan walaupun lagu ini telah ditulis ulang dengan lirik yang berbeda dari yang pertama kali dibuat, tetap saja membuat tingkat kematian bunuh diri tidak menurun di Hongaria, bahkan melebar hingga Inggris dan Ameria Serikat.

Perbedaan Kedua Lirik Lagu Misteri Gloomy Sunday

Kedua lirik yang menjadi misteri Gloomy Sunday menceritakan kisah yang berbeda. Dalam lirik pertama terbaca jelas dengan gamblang berisi peristiwa yang dialami seseorang saat ia dijemput oleh kematian. Menceritakan dimana ia berada dalam sebuah upacara pemakaman dirinya sendiri pada hari Minggu dan sedang menunggu kekasihnya datang untuk mendoakannya bersama pendeta yang telah menunggu pula di samping peti mati dirinya yang bertabur bunga. Disini ia masih bisa melihat orang-orang di sekelilingnya yang bersedih atas kematiannya. Bahkan seakan ia pun dapat merasakan seisi alam ikut bersedih. Terdengar olehnya nyanyian-nyanyian doa yang mengiringi dalam acara pemberkatannya yang terakhir. Bahkan hatinya pun merasa sedih atas kematian dirinya sendiri karena harus meninggalkan dunia dan kekasihnya.

Dalam misteri Gloomy Sunday lirik kedua yang dinyanyikan oleh Billie Holiday, menceritakan niatan seseorang yang ingin mengakhiri hidupnya dengan alasan kecewa dan putus asa yang berkepanjangan. Tidak dijelaskan orang ini berputus asa disebabkan oleh apa, yang jelas ia hanya memberi pesan kepada kekasihnya untuk tidak menangisi dirinya. Ia juga berjanji tidak akan menghantui kekasihnya dalam mimpi-mimpinya. Niatnya untuk mengakhiri hidupnya agar ia tenang dan dapat hidup abadi bersama malaikat-malaikat. Bahkan ia sangat senang dengan kematiannya karena membayangkan dirinya selalu dalam keberkatan doa, dan ia pun dapat memberkati orang-orang yang masih hidup. Termasuk ia akan menjadi malaikat pelindung kekasihnya nanti.

Related posts: