Mudahnya Menanam Bibit Durian

Bibit Durian

Bibit durian merupakan tanaman yang banyak di tanaman oleh para petani-petani untuk menghasilkan buah durian yang nantinya akan mereka jual. Tanaman durian akan tumbuh di daerah yang biasanya beriklim tropis, kemudian tanaman tersebut akan cepat berbuah jika pohonnya terpancar oleh sinar matahari dan tidak akan tumbuh buahnya ketika tanaman tersebut di tanam di tanah yang kering. Tanah lempung yang subur biasanya memiliki kandungan bahan organik yang mana tanah tersebut sangatlah cocok untuk penanaman tanaman durian. Tekstur tanah seperti tanah liat merupakan tanah yang kurang baik bagi Anda yang ingin menanam tanaman durian karena pada proses pengeringannya sangatlah sulit di dapatkan. Akar pada tanaman durian sanggup menembus kedalaman tanah hingga kurang lebih tiga meter, maka lokasi yang baik adalah dengan kedalaman air sekitar 50 cm, karena lokasi yang terlalu rendah dapat mengakibatkan kebusukan pada akar tanaman durian itu sendiri.

Cara Menanam Bibit Durian

Ada berbagai macam langkah awal ketika Anda hendak melakukan penamanan tanaman durian yaitu dengan memilih bibit durian yang cukup baik, selain itu Anda juga perlu memperhatikan jenis durian yang cocok untuk dapat di tanam di daerah Anda inginkan, contohnya pada lokasi yang memang sesuai dengan asal tanaman tersebut. Contohnya jenis durian montong, merupakan jenis durian yang memang tidak terpengaruh oleh jenis kondisi lahan, yang jika di tanam di daerah mana pun akan sama hasilnya dengan tanaman induknya. Anda harus memilih bibit yang sehat, bibit yang segar, bibit yang terbebas dari hama dan penyakit, kemudian bibit yang daunnya banyak, bibit yang memiliki batang yang sangat kokoh, dan bibit yang memiliki keseimbangan antara tinggi tanaman dengan jumlah barunya.

Untuk persiapan penanaman bibit terlebih dahulu Anda harus dapat membersihkan lahan yang hendaknya akan ditanami tanaman durian ini, membersihkan segala jenis tanaman yang ada agar nantinya tidak mengganggu tanaman durian Anda dari sinar matahari. Karena pada dasarnya tanaman durian sangatlah membutuhkan sinar matahari yang cukup penuh untuk dapat melakukan aktivitas dalam pertumbuhan pada tumbuhan durian tersebut. Kemudian setelah itu Anda baru dapat mempersiapkan lubang untuk penanaman bibit durian nya yang akan Anda tanam.

Related posts: