Niat Puasa Senin Kamis

sholat dhuhaNiat puasa Senin kamis adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan puasa Senin kamis. Di hari Senin dan kamis ini adalah hari yang memiliki keutamaan tersendiri bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri sangat menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk bisa mengerjakan puasa sunah pada hari Senin dan kamis. Seperti yang telah di ketahui, bahwa pada jaman dahulu pun Nabi Muhammad SAW sering mengerjakan puasa sunah Senin dan kamis. Selain memang puasa telah terbukti mampu membuat badan lebih sehat, Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa pada dasarnya setiap amalan manusia dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis. Dan jika berpuasa pada hari-hari tersebut keutamaannya adalah dosanya diampuni. Namun, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa dosa mereka yang berpuasa pada hari Senin dan Kamis akan diampuni kecuali jika mukmin tersebut masih saling bermusuhan dengan mukmin yang lainnya.

Melakukan Niat Puasa Senin Kamis

Meskipun niat puasa Senin kamis ini adalah tergolong puasa sunah, tetapi keistimewaan dan keutamaannya lebih menarik untuk Anda ketahui. Sebelum menjalankan puasa Anda harus melafadzkan niat terlebih dahulu. Karena niat termasuk dalam rukun puasa dan bisa di bilang puasa yang Anda lakukan pada Senin kamis ini tidak akan sah jika tidak Anda lakukan dengan mengawalinya membaca niat. Niat sendiri terdapat dalam hati Anda tetapi Anda bisa melafadzkannya dengan lisan, banyak ulama yang setuju mengenai hal tersebut sehingga niat sendiri boleh di lakukan dan sunah.  Banyak ulama yang mengatakan pelafalan niat bisa Anda lakukan dengan Bahasa Arab maupun Bahasa sendiri.

Banyak keistimewaan dari puasa Senin kamis ini mulai dari mendapatkan surga di akhirat nanti, terhindar dari siksaan api neraka, menjadi penolong di hari kiamat dan sebagai pendekat diri kepada Allah swt. Selain itu banyak manfaat untuk tubuh yakni seperti menyehatkan system pencernaan karena saat berpuasa alat vital dalam tubuh beristirahat. Untuk mendapatkan manfaat dan juga niat yang sesuai Anda bisa membaca di sini di niat puasa Senin kamis

Related posts: