Pembuatan Aplikasi Android

Negara Indonesia ini termasuk ke dalam 5 negara yang paling banyak mendownload aplikasi pada Google Play. Tapi, negara Indonesia tidak muncul di daftar 20 negara yang paling banyak mendapat revenue Google Play. Supaya bisa membuat aplikasi berbasis Android yang cukup sederhana dengan Tipandroid, contohnya seperti game Android yang sederhana, tidak perlu memerlukan banyak skill coding. Supaya bisa membuat aplikasi yang seperti ini, direkomendasikan memakai App Inventor. Kita tidak perlu khawatir, untuk bisa belajar memakai App Inventor, sudah ada beberapa tutorial gratisnya secara online. Dengan menggunakan App Inventor, Anda bisa membuat beberapa aplikasi Android secara mudah dengan akses online.

Aplikasi Android Hard Coding

Selain penggunaan App Inventor, Anda juga dapat menggunakan Construct2. Construct2 Ini merupakan tool yang penggunaannya sangat mudah dalam membuat game yang berbasis html5, dan selanjutnya dapat dipublish untuk menjadi aplikasi. Sama halnya dengan App Inventor, Anda tidak harus hard coding.

Nah, untuk Tipandroid yang satu ini, akan dibahas pembuatan aplikasi Android dengan benar-benar terdapat coding. Syaratnya yaitu Anda harus menguasai sistem pemrograman Java dulu, lalu paham terhadap konsep dari OOP atau Object Oriented Programming. Pembuatan aplikasi juga sangat terbantu jika Anda sedikit memahami konsep architectural patterns software seperti MVC, dan konsep database terutama database SQL lite.

Jika Anda sudah pernah mempelajari bahasa program Java, tentunya akan lebih muda. Tetapi jika belum, maka tak ada salahnya jika Anda belajar dulu. Untuk bisa mengembangkan Android, maka diperlukan yang namanya Android Studio. Selanjutnya kita tinggal mengikuti tata cara atau tutorial yang terdapat di Google.

Supaya pemakaian Android studio bisa lancar jaya, ada 2 lagi syarat yang harus terpenuhi. Syarat yang pertama yaitu harus mempunyai koneksi internet kencang, hal tersebut dikarenakan Android studio membutuhkan download Gradle yang berulang kali. Syarat Tipandroid yang kedua yaitu hardware komputer Anda juga harus berspesifikasi handal. Supaya kita tidak emosi saat coding, processor komputer Anda lebih baik intel core tingkat i7. Processor dengan Intel core tingkat i5 serta memori RAM 4 GB sebenarnya bisa jalan, tetapi sangat lemot.

Related posts: