Penanggulangan Terhadap Situs-Situs Download Lagu Ilegal

stafabandMenurut data yang ada berdasarkan penuturan asosiasi seni di Indonesia bahwa angka pembajakan lagu di internet sudah mencapai hampir 10 juta download lagu per harinya. Dan kerugian yang diderita pelaku seni Indonesia telah menembus hingga senilai 14 triliun tiap tahunnya. Hal ini tidak lebih dikarenakan semakin banyaknya link website yang menyediakan konten lagu gratis yang pada dasarnya ilegal. Pemilik situs yang entah disadari oleh mereka atau tidak pada kenyataannya telah membuat industri musik di tanah air sempat merosot tajam dan menumpulkan hasrat pelaku seni dalam menciptakan karya-karya. Pada saat itu para musisi lebih disibukkan bagaimana mengembalikan biaya produksi yang sudah terlanjur dikeluarkan untuk memasarkan produk musik mereka. Para penggemar musik lebih senang mendapatkan lagu idolanya dengan cara download gratis di internet, maka hasil penjualan produksi musisi mengalami kerugian.

Strategi Pemerintah Menertibkan Situs Download Lagu Ilegal

Disebabkan pembajakan yang makin marak, harapan satu-satunya para artis dan musisi adalah dengan mengandalkan penjualan Ring Back Tone (RBT) yang pada saat itu juga sedang booming. Setidaknya dari hasil RBT pada saat itu para artis, pencipta lagu, dan musisi tanah air masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan. Hanya saja mereka pun menyadari bahwa RBT pada masanya juga akan ditinggalkan oleh para penggunanya karena dianggap sudah tidak ngetrend lagi. Terbukti sekarang ini RBT lambat laun mulai ditinggalkan. Untuk itulah para musisi tetap berjuang kedepannya atas perlindungan Hak Cipta dari pembajakan di ranah online download lagu.

Strategi pemerintah menertibkan situs-situs berbagi lagu yang ilegal yaitu melalui Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE) dan Undang-Undang Hak Cipta. Kajian atas kedua undang-undang ini oleh pemerintah terus digodok sehingga diharapkan menghasilkan keputusan yang dapat memperkuat penanggulangan dan penertiban pembajakan hak cipta musik di tanah air. Kolaborasi antara Dirjen HKI Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Komunikasi dan Informasi yang terlibat dalam pengawasan internet melahirkan bab tentang perlindungan Hak Domain dan Hak Kekayaan Intelektual Perlindungan Hak Pribadi, sehingga pemilik hak cipta dapat mengajukan gugatan terhadap situs download lagu ilegal.

Related posts: