Penderita Maag, Hindari Makanan Dan Minuman Ini

Memiliki jadwal yang padat tak jarang membuat kita sering melewatkan jam makan. Padahal kebiasaan buruk sangat berpengaruh kepada kesehatan tubuh, terutama lambung kita. Saat kita lapar, itu pertanda bahwa lambung kita kosong dan butuh asupan makanan. Jika kita melewatkan jam makan kita, berarti kita membiarkan lambung tetap bekerja tanpa memproses apapun. Hal tersebut akan mengakibatkan asam lambung meningkat dan terasa sangat menyakitkan. Alhasil, penyakit maag tidak dapat kita hindari. Untuk mencegah asam lambung kembali meningkat, ada beberapa makanan yang harus dihindari karena makanan-makanan tersebut dapat memicu peningkatan asam pada lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Maag

  1. Makanan berlemak

Kandungan lemak yang tinggi pada makanan akan mempengaruhi peningkatan asam pada lambung. Makanan seperti gorengan dan junk food biasanya mengandung lemak yang tinggi. Bagi penderita maag, Anda harus menghindari jenis makanan ini agar penyakit maag Anda tidak kambuh.

 

  1. Makanan pedas

Bagi pencinta makanan pedas, kurang pas rasanya ketika memakan sesuatu yang tidak pedas, sayangnya makanan pedas sangat berbahaya bagi penderita maag. Selaput lambung yang sudah rusak akibat penyakit maag akan bertambah parah ketika Anda memakan makanan pedas.

 

  1. Minuman berkafein

Bagi Anda penderita maag, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi. Perut akan terasa kembung dan tidak nyaman ketika penderita maag mengonsumsi minuman berkafein.

 

  1. Coklat

Meskipun coklat sangat efektif untuk mengatasi stress, namun tidak berlaku bagi penderita maag. Kandungan asam di dalam coklat akan meningkatkan asam pada lambung.

 

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi memiliki sifat asam yang dapat membuat perut kembung dan hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan sendawa yang berulang-ulang.

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita maag untuk menjaga tingkat asam pada lambung. Kondisi dinding lambung yang terluka dan kadar asam yang tinggi pada lambung mengharuskan penderitanya berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Memakan sembarangan makanan hanya akan membuat penyakit maag Anda semakin parah.

Related posts: