Pengaplikasian Batik Untuk Kehidupan Modern

Kain batik yang saat ini selalu dipadu padankan dengan berbagai motif yang ada di Indonesia dan sesuai dengan pakem yang ada. Sehingga tetap bernilai seni tinggi dan semakin digemari konsumen. Sebab kain batik tulis online tersebut semakin terlihat fashionable dan modern. Karena itulah saat ini begitu banyak generasi muda yang menggunakan batik dalam berbagai kesempatan. Jika dahulu batik lebih sering dikenal sebagai pakaian kebesaran untuk “kondangan” maka saat ini untuk santai pun bisa menggunakan batik yang tentunya menggunakan bahan dan motif yang disesuaikan. Sehingga sekalipun untuk santai tetap santun dalam pakem sehingga tidak terkesan menggunakan sembarangan motif yang memiliki makna.

Penggunaan Batik Untuk Keseharian

Memang tidak dipungkiri lagi jika kebudayaan dalam penggunaan batik telah mengalami penggeseran sehingga berbagai makna dalam motif batik sudah tidak digunakan lagi. Meskipun dalam beberapa acara tradisional masih menggunakan adat yang telah ditentukan sebelumnya. Batik tulis online tidak melulu hanya menggunakan kain mori namun saat ini lebih fleksibel bahkan bisa menggunakan bahan kaos sehingga bisa digunakan untuk santai sehari-hari. Sehingga saat ini batik tidak hanya digunakan pada event-event tertentu saja seperti kondangan atau acara resmi kenegaraan namun sudah lebih fleksibel dan menjadi fashionable. Hal inilah yang seolah menggeser kebiasaan yang menjadi budaya dalam mengenakan pakaian batik.

Batik yang dahulu hanya dikenakan sebagai bawahan namun kini bisa dipadu padankan sebagai atasan dengan bawahan polos atau sebaliknya. Sehingga tidak melulu hanya bisa menggunakan brokat atau kebaya bagi wanita dan beskap bagi wanita. Saat ini batik tulis tidak hanya menggunakan kain mori saja namun bisa menggunakan berbagai bahan bahkan bahan sutra yang tentunya memiliki harga yang sangat mahal. Dan hal tersebut juga digunakan pada kain batik tulis oleh toko online BatikParahita.com dalam berbagai kain batik yang disediakannya. Sehingga harganya bisa fleksibel dan tidak merogoh kocek terlalu dalam. Namun ada juga kain batik dengan menggunakan sutra yang tentunya memiliki harga yang jauh diatas kain batik yang biasa.

Related posts: