Pentingnya Mengonsumsi Buah Naga Saat Hamil

Ada banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. Hamil merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu seorang istri. Hamil adalah keadaan dimana seorang wanita mengandung embrio di dalam rahimnya karena adanya pembuahan pada sel telur oleh sel sperma. Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil dan keluarganya wajib memperhatikan betul kesehatan ibu dan calon bayi. Asupan makan dan nutrisi harus terpenuhi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga.

Buah naga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Saat ini buah naga sudah hampir tersebar diberbagai wilayah Indonesia. Anda juga pasti dapat dengan mudah menemukan di toko-toko buah maupun swalayan. Dinamakan buah naga mungkin karena bentuknya yang mirip dengan naga dan daging buahnya berwarna merah.

3 Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Lalu apa hubungannya buah naga dengan ibu hamil? Seperti yang dijelaskan diatas jika nutrisi ibu hamil harus terpenuhi. Salah satunya adalah mengonsumsi buah. Buah naga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil:

  1. Membantu pembentukan sel darah merah

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Anemia yang berkelanjutan tentu tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu berisiko akan kekurangan banyak darah ketika melahirkan. Zat besi merupakan zat gizi yang membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Buah naga mengandung sekitar 0,55 gram zat besi. Jadi, cukup membantu memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil. Sembelit menyebabkan ibu sulit buang air besar. Untuk mengatasi sembelit, asupan serat dalam tubuh harus terpenuhi. Dalam buah naga terdapat 0,3 – 0,9 gram serat.

  1. Mempercepat pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sangat penting adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga mengandung kalium, fitokimia, vitamin C dan protein yang membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin.

Related posts: