Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

tips kesehatanUntuk mendapatkan tubuh yang selalu bugar dan sehat tentu kita perlu rutin menjaganya dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur setiap harinya. Olahraga seperti yang kita ketahui bekerja dengan keras menggerakkan seluruh anggota tubuh kita seperti tulang, sendi, otot bahkan jantung kita untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya sehingga bisa di katakan olahraga merupakan aktivitas yang berat. Pemaksimalan anggota tubuh dalam melakukan olahraga tidak dapat dilakukan secara langsung namun perlu di dahului dengan adanya pemanasan. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi adanya resiko atau cidera pada saat melakukan olahraga nantinya.

Kurangi Cidera Dengan Pemanasan

Pemanasan memiliki berbagi manfaat bagi tubuh namun yang paling umum yaitu membantu mengurangi resiko cidera. Pemanasan bertujuan membuat otot yang kaku menjadi lebih fleksibel sehingga siap menerima berbagai gerakan yang dilakukan pada saat berolahraga. Baiknya lakukan gerakan pemanasan ini sekitar 5 sampai 10 menit. Selain itu pemanasan yang dilakukan tadi mampu membuat olahraga inti mampu menghasilkan hasil yang maksimal terutama jika Anda bertujuan membakar kalori. Selain itu juga tubuh dapat lebih mudah di gerakan alias fleksibel dan elastis sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti kram otot. Gerakan yang dilakukan pada saat pemanasan mampu membuat aliran darah menjadi lancar sehingga suplai darah merata ke seluruh tubuh, dengan lancarnya aliran darah tadi mampu meningkatkan performa kita ketika sedang berolahraga.

Apakah Anda mengetahui jika kita melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan Asam Laktat pada tubuh. Jika di diamkan begitu saja maka akan tertimbun di dalam darah dan otot juga tidak baik maka dari itu di perlukan pemanasan dan pendinginan sebelum berolahraga sehingga mampu mengurangi jumlah Asam Laktat dalam tubuh kita. Pemanasan juga berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga orang yang melakukan pemanasan terlebih dahulu dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh sehingga dapat menurunkan resiko jantung koroner dari pada yang tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Related posts: