Perbandingan Teknik Sablon Untuk Kaos Distro

Dalam memproduksi kaos distro, proses menyablon merupakan salah satu proses yang paling penting karena sablon itu sendiri adalah titik keunikan dari masing-masing kaos. Produsen kaos distro saat ini menggunakan setidaknya 2 macam teknik sablon dalam memproduksi kaos-kaos nya. Yang pertama adalah teknik manual, dan yang kedua adalah teknik digital. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak babaran ringkas berikut.

Teknik Sablon Kaos Manual

Teknik ini telah digunakan dalam industri kaos, termasuk kaos distro, sejak lama. Teknik ini menggunakan screen sablon sebagai pola dasar desain sablon kaos. Screen ini digunakan untuk membentuk atau mencetak tinta sablon sesuai dengan pola atau desain yang telah dibuat sebelumnya.

Teknik Sablon Kaos Digital

Sementara itu, teknik sablon kaos digital atau dikenal juga dengan sebutan teknik DTG (direct to garment) ini baru digunakan dalam beberapa tahun terakhir karena teknologi semacam ini bisa dikatakan masih baru. Teknik ini pada dasarnya sama dengan proses mencetak diatas kertas dengan menggunakan mesin printer. Hanya saja, media yang digunakan berbeda, yaitu kaos, mesin printer yang digunakan pun berbeda, serta tinta yang digunakan pula berbeda.

Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing Teknik

Setiap metode ataupun teknik dalam melakukan atau untuk tujuan apapun tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dalam hal teknik sablon kaos distro. Produsen kaos distro tentunya mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing teknik menyablon agar produksi kaos distro mereka dapat bekerja dengan optimal.

Adapun teknik sablon manual dengan menggunakan screen memiliki kelebihan yang tidak dimiliki teknik sablon digital, begitu pun sebaliknya. Teknik manual memiliki kelebihan berupa biaya awal yang dikeluarkan produsen tidak terlalu mahal. Hal ini akan memengaruhi harga jual produk. Namun, kekurangannya, teknik manual hanya bisa digunakan untuk sablon dengan warna yang terbatas dan tidak memiliki detail gradasi (solid color). Sebaliknya, teknik sablon digital dapat digunakan untuk menyablon dengan desain yang memiliki berbagai warna serta detail gradasi yang tinggi. Namun, harga sebuah mesin DTG yang sangat mahal akan memberatkan sebagian produsen kaos distro untuk memilikinya.

Related posts: