Perbedaan LCD Dan LED

Perkembangan teknologi sampai saat ini sangat membantu berbagai macam kegiatan manusia. PC menjadi salah satu alat yang digunakan di berbagai tempat, mulai dari sekolah, kantor, tempat pembelanjaan, dan masih banyak tempat yang lainnya. Sekarang ini, laptop lebih banyak dipilih dibandingkan dengan komputer. Salah satu alasannya adalah agar mudah dibawa ke berbagai tempat. Karena sering dibawa bepergian, maka laptop kerap mengalami kerusakan, terutama di bagian LCD laptop. Tidak sedikit tempat perbaikan laptop juga jual LCD laptop untuk memudahkan para pelanggannya yang sedang mencari LCD untuk laptopnya.

Perbedaan LCD Dan LED Dilihat Dari Berbagai Sisi

Bagi Anda yang akan membeli LCD untuk laptop Anda di jual LCD laptop, maka Anda harus berhati-hati karena ada tipe LED yang juga banyak digunakan pada laptop. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang dimiliki antara LCD dan LED:

  1. Dilihat dari segi teknologi yang digunakan

Jika dilihat dari segi teknologi yang digunakan, maka laptop dengan layar LED lebih hemat konsumsi daya listrik dibandingkan dengan laptop dengan layar LCD.

  1. Dilihat dari segi gambar yang dihasilkan

Untuk gambar yang dihasilkan, laptop dengan layar LED akan memiliki tingkat ketajaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan LCD. Selain itu, warna yang dihasilkan juga lebih terang dan realistis dibandingkan dengan LCD. Artinya, LED menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan LCD.

  1. Dilihat dari segi bahan dasar pembuatan

Bahan yang digunakan untuk membuat layar LED lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan yang digunakan untuk membuat layar LCD.

  1. Dilihat dari segi umur pakai

Laptop dengan teknologi LED memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan laptop dengan layar LCD.

  1. Dilihat dari segi contrast rasio

LCD dan LED memiliki contrast rasio yang berbeda satu dengan lainnya. Contrast ratio merupakan jarak warna antara hitam dan putih. Jika jaraknya semakin jauh, maka akan semakin nyata gambar yang dihasilkan.

Demikian merupakan beberapa perbedaan antara LCD dan LED yang akan Anda temukan di toko jual LCD laptop.

Related posts: