Rencana Pembangunan PLTA terbesar di Indonesia

Kebutuhan energi yang terbarukan mulai dibutuhkan di wilayah Negara Republik Indonesia. Saat ini pemerintah sudah mulai mengembangkan proyek pengembangan energi terbarukan. Salah satunya dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air(PLTA). Pembangunan PLTA yang dinilai akan menjadi PLTA terbesar di Indonesia  yaitu PLTA di Sumatera Utara, tepatnya di bangun di daerah Tapanuli Utara.

Pembangunan PLTA di Tapanuli Selatan

PLTA yang dibangun di Batang Toru, Tapanuli Selatan ini merupakan salah satu program pembangunan yang menjadi proyek program kerja Presiden Jokowi Dodo. Proyek ini memiliki tujuan untuk mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi ke luar Pulau Jawa. Proyek ini menjadi program yang amat diperhatikan. Hal tersebut berkaitan dengan antisipasi terhadap perubahan iklim yang dapat terjadi sewaktu – waktu.

PLTA Batang toru dibangun menggunakan teknologi canggih dan didesain irit lahan serta ramah lingkungan. Luas pembangunan PLTA di Sumatera Utara ini memanfaatkan badan sungai seluas 24 Ha dan lahan tambahan di lereng curam seluas 66 Ha yang akan digunakan sebagai kolam air harian untuk menampung air. Air dari kolam tersebut akan menggerakkan turbin dan menghasilkan energi listrik yang besar. Luas lahan yang digunakan cukup irit jika dibandingkan dengan waduk Jatiluhur di Jawa Barat yang menggunakan lahan seluas 8.300 Ha.

Pembangunan PLTA dalam Kacamata Ekonomi

Dari sudut pandang bisnis atau perekonomian, PLTA ini dinilai akan meningkatkan minat para investor untuk menanamkan sahamnya di Sumatera Utara. Bahkan jika pembangunan PLTA ini telah selesai dan berhasil dikembangkan dengan baik, investasi yang akan ditanam oleh para investor dapat merambat hingga ke provinsi Aceh. Dengan demikian, akan berdampak positif terhadap kehidupan perekonomian di Pulau Sumatera secara luas.

Pembangunan PLTA di Sumatera Utara ini juga digadang – gadang akan tidak sekedar menjawab permasalahan kelistrikan yang krisis di Sumatera Utara. Produksi listrik yang akan dihasilkan oleh PLTA ini mencapai hasil sebesar kurang lebih 510 MW. Produksi ini dapat menumbuhkan dunia usaha di Pulau Sumatera.

Related posts: