Risiko Operasi Mata Katarak

pengobatan katarakKatarak adalah penyakit yang paling umum diderita oleh penderita yang telah berumur kisaran 40 tahun atau lebih. Memang penyakit ini disebut juga penyakit mata tua karena selalu menyerang penderita yang mulai lanjut usia. Tetapi ternyata katarak juga dapat diderita oleh orang yang masih muda walaupun memiliki tingkat kemungkinan yang kecil. Operasi mata katarak adalah jalan terbaik yang biasa diambil oleh para penderita untuk menghilangkan selaput yang menghalangi lensa mata sehingga mengurangi pandangan si penderita. Operasi ini memang terbilang memiliki kemungkinan keberhasilan tertinggi dibandingkan dengan cara lainnya akan tetapi operasi katarak tentu memiliki risiko yang cukup tinggi ketika prosedur operasi tidak dijalankan dengan baik.

Beberapa Risiko Yang Ditimbulkan Akibat Operasi Mata Katarak

Inilah beberapa risiko yang bisa berdampak ketika melakukan prosedur operasi mata katarak yang tidak benar.

  1. Pembengkakan kornea mata

Ketika melakukan operasi kornea mata dapat membengkak akibat respons alat-alat operasi yang mungkin saja tidak steril. Pembengkakan dapat terjadi biasanya beberapa jam setelah operasi mata selesai dilakukan.

  1. Infeksi

Risiko ini memiliki kemungkinan terjadi yang sangat kecil. Karena risiko ini biasanya disebabkan oleh alat operasi mata yang tidak steril ataupun pembersihan yang kurang cermat. Namun risiko ini dapat diobati tanpa mengganggu penglihatan mata.

  1. Kekeruhan Kapsul Posterior

Kekeruhan kapsul posterior atau sering disebut PCO adalah kondisi dimata penglihatan mata akan kembali berkabut akibat komplikasi yang disebabkan pada pasca operasi. Risiko ini merupakan risiko yang paling sering terjadi.

  1. Pendarahan

Ketika operasi sangat kecil kemungkinan terjadinya pendarahan, namun dapat terjadi karena kontak mata dengan alat operasi yang tidak pas sehingga bisa jadi mengalami pendarahan saat operasi, namun ini bisa diatasi dengan baik.

Itulah sedikit info mengenai risiko yang ditimbulkan akibat operasi mata katarak, untuk Anda yang memiliki penyakit mata katarak Anda bisa berkonsultasi apakah harus melakukan operasi atau tidak. Di samping biaya operasi yang sangat mahal dan mempunyai risiko walaupun terbilang kecil sehingga patut Anda renungi dengan matang.

Related posts: