Sayangi Kesehatan Mata Anda

Mata merupakan salah satu panca indera tubuh yang sangat penting fungsinya. Mata digunakan manusia untuk melihat segala hal yang ada di dunia ini. Tanpa adanya mata, kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, makan, belajar, membaca, menulis dan lain sebagainya. Mata yang sehat merupakan dambaan bagi seluruh manusia. Namun, tidak dipungkiri banyak kelainan mata yang dialami manusia di berbagai belahan dunia. Kelainan mata diantaranya kebutaan, mata minus, silinder, mata plus, katarak, dan beberapa kerusakan mata lainnya.

Tips Mencegah Penyakit Mata

Penyebab dari kelainan mata ini berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai kelainan ataupun penyakit mata. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah kelainan mata adalah sebagai berikut:

  1. Hindari menonton televisi pada jarak terlalu dekat

Menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan kerusakan mata karena pengaruh dari sinar televisi. Jika kita menonton televisi pada jarak yang cukup

akan mencegah mata kita terkena sinar televisi langsung, sehingga dapat meminimalisir kerusakan mata.

  1. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan mata kita. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A seperti tomat dapat menjaga kesehatan mata. Wortel yang kaya akan beta karoten juga sangat membantu kesehatan mata, karena beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi degenerasi makula.

  1. Istirahatkan mata

Kelelahan mata sering dialami ketika kita sedang bekerja, terutama pekerjaan yang menuntut kita untuk selalu bekerja di depan komputer. Kelelahan mata mungkin sering dialami dengan tanda mata yang pegal, mata merah bahkan mata sampai berair. Hal ini berarti mata perlu diistirahatkan. Kita dapat melakukannya dengan cara sering mengedipkan mata, mencari pemandangan yang segar seperti melihat luar ruangan dari jendela, dan jangan biarkan mata untuk selalu melihat komputer selama berjam-jam.

  1. Jangan membaca dalam cahaya redup

Membaca pada tempat dengan cahaya yang redup dapat menyebabkan kerusakan fungsi mata karena mata yang dipaksakan untuk membaca pada cahaya yang terlalu kurang.

Related posts: