Sejarah Dan Pengertian Software Kasir Online

Dalam menjalankan sebuah bisnis penjualan barang atau jasa, hal yang harus sangat diperhatikan adalah masalah keuangan. Banyak pebisnis yang harus gulung tikar karena manajemen keuangan mereka kurang baik. Padahal, setiap pengeluaran, pemasukan, rugi, laba, angka kenaikan atau penurunan jumlah produk akan sangat menentukan jalannya bisnis tersebut. Software POS kemudian tercipta untuk membantu pebisnis dalam mengurusi masalah income, outcome, daftar barang atau jasa, dan lain sebagainya.

Awal Mula Ditemukannya Aplikasi Kasir

Software POS merupakan mesin pembayaran kasir online pertama di dunia yang menggunakan teknologi canggih untuk mengatur setiap kali kegiatan transaksi barang atau jasa berlangsung. Awalnya, software ini diberi nama cash register yang kemudian digunakan oleh beberapa minimarket di Amerika Serikat pada tahun 1973. Mc Donald menjadi salah satu bisnis pertama yang menggunakan mesin kasir canggih ini pada tahun 1974. Kemudian, teknologi pada sistem pembayaran kasir ini terus dikembangkan hingga memudahkan pebisnis ketika akan melakukan rekap data transaksi pada periode waktu tertentu.

Pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, internet mulai banyak digunakan dan teknologi cash register mulai dapat terhubung dengan beberapa toko lainnya. teknologi tersebut terus saja dikembangkan, hingga pada awal tahun 2000-an cloud computing technology mulai digunakan sehingga memungkinkan pebisnis untuk mengakses teknologi POS kapan pun dan dimana pun dengan menggunakan jaringan internet.

Mengenal Teknologi POS

Software kasir online merupakan sebuah program yang dibuat untuk memudahkan pebisnis dalam membuat laporan penjualan dari semua transaksi yang dilakukan. Sistem penjualan yang dicatat menggunakan program ini sangat rinci dan rapi sehingga memudahkan pebisnis ketika melakukan pengecekan transaksi yang telah dilakukan. Teknologi awal cash register tentu saja berbeda dengan POS saat ini karena program POS saat ini sudah jauh lebih kompleks.

Software POS saat ini tidak hanya digunakan untuk mencatat laporan penjualan, namun hampir semua aspek yang berhubungan dengan bisnis. Bagian gudang, stok barang, akuntansi, pemasaran dan manajemen semua berhubungan dengan sistem kerja program tersebut. Semua data yang berhubungan dengan stok barang, penjualan, pendapatan, dan bahkan pajak perusahaan dapat dicatat dengan baik dengan menggunakan program tersebut.

Related posts: