Serba Serbi Penggantian Cantrang Dengan Gillnet Milenium

Cantrang telah resmi dilarang untuk digunakan oleh para nelayan. Pasalnya, penggunaan cantrang cenderung salah sasaran. Artinya, dengan alat bantu perikanan ini tidak hanya ikan bernilai ekonomis, tetapi juga ikan kecil ikut tertangkap. Jika jumlah ikan kecil terus tereksploitasi keseimbangan pangan laut akan mengalami ketidakstabilan. Nelayan pun tidak bisa mendapat keuntungan yang maksimal.

Keuntungan Menggunakan Gillnet

Sebagai pengganti beberapa alat tersebut disediakan 89 jenis alat bantu perikanan yang lebih ramah lingkungan. Jumlah alat alternatif tersebut disesuaikan dengan kebutuhan nelayan. Salah satu pengganti cantrang yang disarankan pemerintah adalah Gillnet. Jenis jaring ini juga disebut jaring insang organik. Jaring ini bekerja dengan cara menjerat insang ikan yang berukuran cukup besar. Sehingga ikan kecil dapat melewati jaring dan tidak ikut terperangkap. Keuntungan menggunakan Gillnet lainnya antara lain:

  1. Lebih Tepat Sasaran

Jaring insang atau Gillnet merupakan alat tangkap yang lebih selektif. Artinya tidak semua ikan akan terjebak pada jaring. Hanya ikan dengan ukuran sesuai target yang akan tersangkut pada jaring organik ini. Nelayan dapat menyesuaikan besar mata jaring. Jika menggunakan cantrang prosesnya akan mirip seperti mengeruk isi laut. Tidak hanya ikan bahkan biota laut lainnya ikut tersangkut.

  1. Banyak Ragam

Di samping itu, Gillnet terbagi menjadi empat kelompok. Setiap jenis didasarkan pada hal tertentu seperti kedalaman, waktu pemasangan, bentuk, dan jumlah lembaran. Besar mata jaring bisa mencapai 50 cm uang khusus untuk menangkap hiu. Diameter benang antara 0,05 mm hingga 2,5 mm. diameter terbesar memiliki kekuatan putus hingga 200-300 kg.

  1. Pendapatan Lebih Besar

Berdasarkan pengalaman salah seorang nelayan yang telah beralih menggunakan Gillnet, ia bisa mendapat keuntungan lebih dari 10 kali lipat. Keuntungan tersebut Ia manfaatkan untuk membeli kapal baru. Bahkan nelayan tersebut dapat membeli 2 kapal baru sekaligus dalam kurun waktu 2 tahun penggunaan Gillnet. Kapalnya pun telah dilengkapi dengan kelengkapan yang memadai termasuk freezer.

Keuntungan-keuntungan itulah yang coba ditawarkan oleh pemerintah. Untuk informasi lebih lengkap seputar alat tangkap ini, Anda dapat mengakses http://perikanan38.blogspot.com.

Related posts: