Softlens Dan Beberapa Yang Harus Diperhatikannya

Kontak lensa atau yang biasa disebut dengan softlens. Selain untuk membantu para penderita miopi, softlens juga digunakan untuk fashion. Banyak wanita yang menggunakan softlens untuk mempercantik mata dan memperlebar matanya. Banyak yang jual softlens dengan berbagai macam varian dan model – model yang sangat menarik. Dalam penggunaannya banyak hal – hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan softlens.

Hal – Hal Yang Jangan Sampai Terjadi

Dalam penggunaan softlens, banyak orang yang baru memakai softlens masih awam dalam merawat softlens. Untuk itu, berikut hal – hal yang jangan sampai softlens terjadi hal – hal berikut.

  1. Softlens kotor

Setiap sehabis memakai softlens, sangat dianjurkan untuk membilas softlens agar softlens terjaga terus kebersihannya. Kita harus memperhatikan debu yang menempel pada softlens agar tidak terjadi iritasi pada mata. Cairan untuk membilas softlens pun tidak dengan air biasa namun dengan cairan khusus.

  1. Soflens robek

Sedikit adanya robekan pada softlens, walaupun hanya bagian luarnya saja maka lebih baik dibuang. Hal ini karena sobekan pada softlens dapat mengakibatkan pada mata yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Robeknya softlens dapat dikarenakan akibat terkena kuku akibat cara pengambilan yang salah.

  1. Kaku

Seringnya dikarenakan lupa menutup tempat softlens sehingga kadar air pada softlens. Jika sudah seperti ini, jangan lah kepikiran dengan hanya memberi air hangat. Apabila sudah seperti ini lebih baik dibuang saja.

  1. Kadaluwarsa

Selalu periksa masa kadaluwarsa pada bagian tempat kontak lensa Anda. Masa kadaluwarsa setelah kontak lensa dibuka dengan yang belum berbeda. Untuk masa waktu softlens yang telah digunakan umumnya berlangsung selama 6 bulan dari pemakaian awal namun ada juga softlens yang hanya sekali pakai.

  1. Softlens palsu

Jangan tergiur apabila ada yang jual softlens dengan merk ternama namun dengan harga yang sangat murah. Periksa dulu apakah produk tersebut sudah terdaftar di departemen kesehatan atau belum. Karena apabila produk softlens tersebut belum terdaftar maka akan terindikasi dapat membahayakan mata Anda.

Diatas adalah hal – hal, yang wajib diperhatikan agar mata kita terhindar dari hal yang membahayakan. Semoga kita dapat menjaga mata kita dari bahaya dan terjauhkan dari oknum jual softlens bekas.

Related posts: