Syarat Asuransi-Hukum Asuransi Dalam Islam

hukum asuransiIndonesia merupakan negara yang mayoritas memiliki warga negara yang beragama Islam sehingga hampir semua hukum yang berlaku di Indonesia dapat ditentukan sesuai dengan ajaran Islam. Hukum yang tidak lepas dari pandangan Islam adalah hukum dalam berasuransi. Asuransi menjadi hal yang mirip dengan investasi akan tetapi dalam asuransi yang dilakukan menurut Islam melalui prinsip tolong-menolong sesama umat muslim. Hukum asuransi dalam Islam yang memiliki prinsip tolong menolong tersebut termasuk dalam hal yang diperbolehkan akan tetapi hukum asuransi pun dapat berubah menjadi haram apabila mengandung unsur-unsur tertentu yang menyimpang ajaran agama Islam seperti mengandung unsur perjudian, pemerasan, paksaan dan riba.

Apa Saja Syarat Asuransi Sesuai Hukum Asuransi Dalam Islam?

Negara Indonesia menetapkan syarat-syarat dalam melakukan asuransi yang mana memiliki badan hukum yang tegas dan jelas yang harus diikuti oleh setiap individu manusia. Akan tetapi dalam praktiknya biasanya banyak sekali hal yang menyimpan yang dilakukan sehingga dapat mengubah hukum berinvestasi menjadi haram. Untuk mencegah hal tersebut maka akan jauh lebih baik apabila Anda memahami terlebih dahulu syarat asuransi sesuai dengan hukum asuransi dalam Islam antara lain adalah adanya kesepakatan yang meliputi objek asuransi, pengalihan resiko dan pembayaran premi, adanya syarat-syarat khusus asuransi, pembayaran ganti rugi dan dibuat secara tertulis, adanya kewenangan diantara dua pihak, adanya objek asuransi yang jelas, adanya kausa yang halal, mengandung unsur rela sama rela baik dari nasabah atau pun pihak pengelola dan adanya kepastian hukum.

Beberapa macam syarat yang harus Anda penuhi dalam melakukan asuransi menjadikan asuransi yang Anda lakukan masuk ke dalam hukum yang diperbolehkan. Untuk lebih jelas mengenai pemahaman  hukum asuransi dalam Islam maka Anda pun dapat belajar fikih pada guru agama Anda atau melakukan konsultasi mengenai cara melakukan asuransi yang diperbolehkan menurut ajaran Islam. Dengan memahami hal-hal yang dibutuhkan dalam asuransi maka Anda pun akan terhindar dari dosa dalam melakukan asuransi yang haram di mata ajaran Islam

Related posts: