Syarat Penting Rubah Desa Menjadi Desa Wisata Istimewa

Saat ini, perkembangan desa memang telah menjadi satu hal yang dinantikan dan terus dikembangkan. Salah satunya adalah dengan mengubah suatu desa menjadi desa wisata. Ada 4 Aspek Produk Desa Wisata Yang Mampu Berkembang yang harus dipenuhi terlebih dahulu karena tidak semua desa mampu dijadikan sebagai desa wisata.

Syarat Penting Agar Menjadi Desa Wisata

Jika desa Anda memiliki 3 dari 4 syarat ini, maka desa tersebut akan bisa diubah menjadi desa wisata. 4 Aspek Produk Desa Wisata Yang Mampu Berkembang Pastinya, segala sesuatunya akan berubah sesuai dengan pemerintahannya baik dari ekonomi, hingga bagaimana pelayanan masyarakatnya.

  • Authenticity

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh desa yang ingin disebut sebagai desa wisata adalah keaslian. Hal inilah yang akan membedakan antara satu desa dengan desa yang lain. Jadi, suatu desa harus memiliki satu obyek wisata yang asri yang kiranya potensial untuk dikembangkan dan yang paling penting harus berbeda dengan desa yang lain.

  • Tradisi lokasi

Bukan hanya identik saja, karena suatu tradisi lokal yang telah dikembangkan secara turun oleh masyarakat ini bisa dijadikan sebagai potensi desa wisata. Dengan adanya tradisi lokal, maka akan bisa disebut sebagai sesuatu yang unik dari sebuah desa.

Tradisi ini biasanya akan memiliki nilai jual yang tinggi baik dalam kancah dalam negeri atau luar negeri. Namun, potensinya harus terus digali karena banyak juga yang tak menyadari akan berbagai potensi unggul suatu desa.

  • Sikap dan nilai

Sikap yang dimaksudkan di sini adalah sikap mengenai bagaimana suatu masyarakat akan memosisikan dirinya nanti saat telah datang banyak warga yang berkunjung ke desa tersebut. Hal ini tentunya menjadi syarat tersendiri yang tak bisa dipisahkan.

Satu hal yang juga menjadi penting dalam pengembangan desa adalah konservasi dan juga daya dukung. Jadi, perlu dibangun untuk masa depan bukan hanya untuk masa kini saja. Untuk lebih lengkapnya bisa menyimak info di www.berdesa.com yang akan membahas secara tuntas terkait bagaimana pengembangan potensi desa menjadi desa wisata.

Related posts: