Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan

Tahap perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan menjadi hal yang selalu diperhatikan bagi seorang ibu hamil. Kesehatan bayi dalam kandungan dan ibu yang mengandung memang harus menjadi perhatian orang-orang di sekitarnya.

Perkembangan Janin dalam Kandungan

Berikut ini akan diuraikan tentang tahapan perkembangan janin dalam kandungan ibu dari masa ke masa.

  1. Trimester Pertama

Trimester ini terjadi ketika awal kehamilan hingga usia kandungan memasuki usia tiga bulan. Pada waktu ini akan terjadi pembentukan kantung ketuban yang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya embrio. Pada bulan-bulan pertama kehamilan plasenta juga mulai terbentuk. Plasenta ini merupakan penyalur nutrisi untuk bayi dalam kandungan ibu. Saat awal kehamilan ukuran janin masih seukuran kacang. Pada bagian wajahnya terdapat lingkaran hitam besar yang akan berkembang menjadi sepasang mata. Pada bulan kedua akan mulai terbentuk beberapa organ seperti organ pencernaan bayi, selain itu juga mulai muncul tonjolan yang akan menjadi kaki dan tangan. Memasuki bulan ketiga perkembangan bayi akan terlihat lebih sempurna yakni telah memiliki wajah dan organ gerak. Pada saat ini janin juga sudah memiliki massa tubuh yakni sekitar 1 ons.

  1. Trimester Kedua

Masa perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan juga melewat trimester kedua. Masa ini terjadi dari bulan ke empat hingga ke enam. Pada saat bayi memasuki usia empat bulan bayi telah memiliki jari jemari, kelopak mata, alis, bulu mata serta kuku. Saat usia ini bayi juga sudah bisa menghisap jari jempolnya. Saat memasuki bulan ke lima kepala bayi mulai ditumbuhi rambut, kulitnya mulai dilapisi lemak untuk melindungi diri dari cairan ketuban. Saat usia ini bayi mulai bergerak dan ibu pun sudah dapat merasakan gerakan si bayi.

  1. Trimester Ketiga

Pada akhir tahap trimester tiga yakni terjadi saat usia janin dalam kandungan memasuki usia 7-9 bulan. Masa ini bisa disebut masa penyempurnaan dari tahapan sebelumnya.

Itulah perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan tiap trimester.

Related posts: