Tahapan Serta Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan

doa mandi wajibMani adalah cairan yang keluar dari farji atau alat kelamin manusia yang disebabkan karena rangsangan saat berhubungan badan. Berhubungan badan sudah sewajarnya dilakukan oleh pasangan suami istri yang tujuannya untuk melanjutkan keturunan serta untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Keluarnya mani dari farji mewajibkan seseorang untuk melakukan mandi wajib. Doa mandi wajib setelah berhubungan badan juga wajib diucapkan baik secara lisan maupun di dalam hati. Doa tersebut merupakan niat untuk menyucikan diri dari hadast besar maupun kecil. Mandi wajib merupakan kegiatan yang istimewa karena memiliki doa/niat, rukun-rukun, sunah serta hal-hal yang haram untuk dilakukan saat mandi besar.

Bagaimana Tahapan Serta Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan?

Sebagai orang dewasa, sebaiknya Anda perlu mengetahui tahapan mandi wajib agar kegiatan menyucikan diri dapat mencapai tujuan yaitu suci dari hadast besar dan hadast kecil. Tahapan mandi wajib yaitu:

  1. Menyiapkan air yang suci pada wadah.
  2. Membasuh kedua telapak tangan dengan menggosokkan air pada sela-sela jari hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Berwudhu sebelum melakukan mandi besar. Berwudhu merupakan hal sunah yang dapat dikerjakan maupun tidak.
  4. Menyiramkan air dari ujung kepala disertai dengan niat doa mandi wajib setelah berhubungan tubuh di dalam hati.
  5. Disunahkan mendahulukan bagian tubuh yang kanan lalu disusul bagian tubuh kiri.
  6. Ulangi penyiraman minimal 3 kali hingga tubuh benar-benar rata oleh siraman air.
  7. Pengulangan dapat dilakukan sebanyak 3 kali atau dengan pengulangan bilangan ganjil.
  8. Gosokkan air ke seluruh tubuh.
  9. Setelah selesai, Anda dapat dinyatakan suci dan siap untuk melakukan ibadah selanjutnya.

Sebaiknya selalu usahakan tubuh dalam keadaan suci dari hadast besar maupun hadast kecil. Menjaga kesucian tubuh merupakan amalan yang patut dipertahankan. Rasulullah pun selalu menjaga kesuciannya dengan selalu menjaga wudhu. Begitu pula menghafal berbagai doa sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas tertentu agar kegiatan lebih berkah dan dilindungi oleh Allah SWT. Hafal doa mandi wajib setelah berhubungan merupakan hal yang sangat diwajibkan untuk pasangan suami istri .

Related posts: