Tata Cara Jual Beli Tanah Kavling Agar Tidak Rugi

prosedur membeli tanahTanah merupakan suatu hal yang penting yang biasanya ada beberapa yang memiliki masalah dengan perebutan tanah, hak miliki tanah atau hal lain sebagainya. Mengapa hal itu terjadi? Hal ini berawal dari jual beli tanah kavling yang tidak memiliki keabsahan dan kelegalitasan sertifikat tanah dan hak miliki, sehingga timbullah masalah-masalah tersebut. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, maka Anda harus menjadi pembeli yang cerdas sebelum membeli tanah kavling. Ada beberapa tata cara jual beli tanah kavling yang bisa Anda ikuti agar Anda tidak rugi dikemudian harinya.

6 Tata Cara Jual Beli Tanah Kavling Agar Tidak Rugi

Untuk menjadi pembeli yang cerdas, Anda harus mencari tahu tentang tata cara jual beli tanah kavling yang baik dan benar untuk menghindari Anda dari masalah-masalah tanah tersebut. Tak ada salahnya jika Anda mengikuti dengan baik tata cara membeli tanah kavling ini. Pertama, Anda harus cek sertifikat tanah yang berlaku tersebut ke Kantor BPN, untuk di cek keabsahan sertifikat tanah yang dimiliki. Kedua, ketika membeli tanah kavling, janganlah ragu-ragu untuk memeriksa sejauh mana dan seberapa luas tanah yang ada dan luas tanah yang diberikan. Apakah luasnya tersebut sama dengan yang ditawarkan atau tidak? Ketiga, Anda juga harus mencari tahu asal usul tanah kavling yang ingin Anda beli tersebut. Apakah tanah tersebut pernah bermasalah atau tidak? Ataupun mengenai sebelumnya tanah tersebut pernah dijadikan sebagai tempat apa?

Keempat, Anda harus memastikan akses jalan untuk mencapai tanah kavling tersebut, apakah bisa diakses dengan mudah untuk roda dua maupun roda empat? Kelima, Anda juga harus memprediksi mengenai perkembangan lingkungan sekitar untuk ke depannya, apakah akan bertambah ramai atau tidak? Jika memang Anda ingin berinvestasi tanah untuk ke depannya, maka poin ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Keenam, Anda juga harus memastikan keadaan sekitar tanah kavling tersebut. Apakah tanah kavling tersebut aman untuk digunakan sebagai tempat tinggal atau tidak? Itulah beberapa tata cara jual beli tanah kavling yang harus Anda perhatikan sebelum tanah.

Related posts: