Teknik Sublimasi Pada Printing Kain

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang memberikan begitu banyak dampak positif terhadap kehidupan masyarakat. Salah satunya pada bidang industri textile yang menghasilkan kebutuhan dasar manusia, yaitu pakaian. Perkembangan teknologi membuat proses textile print menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Dalam prosesnya, printing kain memiliki banyak teknik yang berbeda. Salah satunya adalah teknik sublim.

Mengenal Teknik Sublim Pada Printing Kain

Memanfaatkan mesin printer digital untuk mencetak kain memang memiliki beberapa teknik berbeda. Salah satu teknik yang masih sering digunakan adalah teknik sublime. Textile print menggunakan teknik sublime membutuhkan kertas sebagai media pengantar tinta sebelum ditempelkan pada kertas. Jadi, teknik sublime merupakan cara pemindahan tinta pada media lain, seperti kertas, sebelum tinta ditempelkan pada kain yang telah disiapkan.

Kertas Untuk Teknik Sublim

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teknik sublime membutuhkan media pengantar untuk tinta yang aka diaplikasikan ke kain. Kertas yang digunakan sebagai media tersebut bisa saja menggunakan kertas HVS. Namun perlu kita ingat bahwa kertas HVS zat pelapis apa pun sehingga hasil akhir pada kain kurang maksimal. Untuk itu, dibutuhkan media khusus yang sering disebut dengan kertas sublimasi atau sublimation paper. sublimation paper memiliki lapisan khusus diatasnya sehingga warna yang dihasilkan pada kain akan sangat maksimal.

Tinta Khusus Untuk Teknik Sublimasi

Selain media pengantar tinta, teknik sublimasi juga membutuhkan tinta khusus agar proses percetakan menghasilkan kain yang sempurna. Tinta khusus yang digunakan pada teknik ini adalah tinta disperse. Tinta disperse adalah tinta khusus yang digunakan untuk bahan polyester. Dan teknik sublimasi ini memang dikhususkan untuk kain jenis polyester.

Tinta yang terkena panas akan menempel pada kain bahan polyester dengan sangat baik dan meresap secara sempurna. Printing yang dihasilkan pada teknik ini memiliki ketahanan yang sempurna dan tidak mudah luntur walaupun kain dicuci berkali-kali. Warna yang dihasilkan pada tinta disperse juga memiliki warna yang sangat terang. Hal tersebut tentu akan menghasilkan textile print yang awet dan sempurna karena memiliki warna yang terang.

Related posts: