Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Peternakan merupakan salah satu bidang yang cukup penting dalam menopang kebutuhan dan kehidupan di dunia ini, salah satunya dengan peternakan kambing. Ternak kambing merupakan salah satu ternak yang sangat familiar dan dapat diternak di semua kalangan serta di semua dataran. Selain itu ternak kambing juga sangat mudah dibandingkan dengan ternak ayam petelur ataupun ternak sapi, selain karena biaya dan perawatannya mudah juga gampang untuk diperjual belikan di pasaran baik dalam negeri maupun luar negeri. Terlebih dengan perkembangan zaman yang mengantarkan kita ternak kambing tanpa ngarit atau merumput.

Bagaimana Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tapi Tetap Berjalan Baik?

Ternak kambing tanpa ngarit mungkin sedikit membingungkan bagi telinga Anda sekalian. Karena kita ketahui bersama bahwa kambing ialah herbivora dimana mereka memakan rumput dan dedaunan. Namun disini kita mendengar bahwa ternak kambing tapi tanpa ngarit. Ups, sebelum lebih lanjut bagi Anda mungkin juga sedikit asing dengan istilah ngarit bukan? Ngarit ialah nama lain dari merumput, jadi merupakan suatu aktivitas mencari rumput untuk memberi makan hewan ternak. Dan di beberapa tempat lebih terkenal ngarit daripada merumput. Kembali lagi ke ternak kambing tapi tanpa ngarit. Nah hal ini ada karena mengantisipasi kebutuhan yang selalu meningkat tapi keadaan lahan untuk menanam rumput makanan kambing semakin terbatas, sehingga lahirlah cara ternak tapi tanpa ngarit.

Perkembangan zaman memang sangatlah cepat dan sangat kejam, karena yang tahu akan semakin tahu dan melesat jauh sedangkan yang tidak tahu akan tertinggal dan terabaikan. Selain itu kita perlu menyaring yang baik dan membuang yang kurang baik. Salah satu perkembangan zaman yang membawa kebaikan yaitu seperti yang sudah disampaikan diatas yaitu ternak kambing tanpa ngarit. Ternak ini dilakukan dengan memberikan suplemen pada kambing sehingga kebutuhan rumput bisa ditekan. Suplemen ini berupa suplemen organik cair atau yang dikenal dengan SOC. Suplemen ini digunakan dengan mencampurkannya ke dalam makanan seperti sersah-sersah daun, dedak, dan lain sebagainya. Sehingga kambing tetap mendapatkan nutrisi dan kebutuhan tetap terpenuhi walaupun tanpa rumput. Mudah bukan? Yuk mencoba ternak kambing dengan SOC ini!

Related posts: