Tidak Ingin Sakit? Ikuti Tips Berikut Ini

tips kesehatanSiapa si yang ingin sakit? Tentu semua orang ingin hidup sehat dan bahagia selama hidupnya. Namun, tak bisa dipungkiri, ada banyak sekali masalah kesehatan yang bisa datang kapan saja. Sebut saja sakit seperti pusing, masuk angin atau flu. Kadang-kadang kita tiba-tiba saja mengalami masalah kesehatan tersebut. Lalu, apa yang harus kita lakukan setelah kita mengalami masalah tersebut? Pergi membeli obat atau ke dokter mungkin jadi solusi. Disini menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut tentunya akan lebih baik daripada harus minum obat atau pergi ke dokter. Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar bisa tetap sehat dan jauh dari penyakit?

Tips Agar Tetap Sehat Dan Jauh Dari Penyakit

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga berat badan yang sehat. Cobalah untuk mengukur indeks massa Anda untuk melihat apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak. Jika hasilnya menunjukkan bahwa Anda kelebihan berat badan, itu berarti Anda perlu melakukan hal yang diperlukan untuk menyingkirkan semua lemak jahat di tubuh anda.
Langkah kedua adalah bertahan dalam kebiasaan makan sehat. Apakah Anda kelebihan berat badan ataupun tidak, Anda harus tetap makan makanan yang beragam agar nutrisi terpenuhi. Artinya, Anda harus makan setiap makanan sehat daripada mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, lemak jenuh dan sodium. Pilih makanan seperti protein tanpa lemak, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Langkah ketiga adalah mengunjungi dokter Anda secara teratur. Itu sebenarnya tergantung dari umur anda. Namun, bagus juga bagi anak muda untuk mendapatkan ujian fisik tahunan. Melakukan screening kesehatan diperlukan agar Anda selalu mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.
Langkah selanjutnya adalah berolahraga fisik minimal 30 menit sehari. Entah mengikuti jenis kelas latihan, berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau bergabung dengan komunitas kesehatan tertentu akan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan anda. Usahakan membuat waktu aktivitas fisik sebagai kebutuhan bukan hanya kemewahan yang Anda lakukan sesekali. Yang terakhir, hindari merokok. Jika Anda perokok, belajar meninggalkan kebiasaan ini untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Related posts: