Tidur Siang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

tips kesehatanTubuh kita memang memiliki batasan dalam beraktifitas. Jika kita merasa lelah setelah berbagai aktifitas yang kita lakukan, tentunya istirahat menjadi solusi yang tepat bagi tubuh kita. Salah satu istirahat yang terbilang sering kali dipilih oleh banyak orang adalah dengan cara tidur siang. Meskipun tidak semua orang bisa melakukan tidur siang, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui manfaat dari tidur siang bagi tubuh Anda. Lantas, manfaat apa yang bisa tubuh Anda dapatkan dengan melakukan tidur siang? Jika Anda merasa penasaran, simak penjelasan berikut ini.

Kegunaan Tidur Siang bagi Tubuh

Sebagai salah satu bentuk istirahat dari tubuh kita, tentunya tidur siang bisa bermanfaat bagi tubuh. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan bagi tubuh setelah tidur siang. Salah satu manfaatnya yaitu untuk mengurangi stres. Perlu diketahui, stres memang menjadi salah satu penyebab penyakit terbesar dan berbahaya bagi tubuh. Biasanya, bagi mereka yang merasa stres berlebihan, gangguan syaraf dan juga gangguan jantung bisa saja dengan mudahnya menyerang mereka. Stres biasanya dipicu dengan aktifitas yang berlebihan, sehingga otak menjadi lebih tegang dalam bekerja. Dengan memilih untuk beristirahat sejenak di tengah padatnya kegiatan, tentunya akan berguna bagi tubuh kita. Fakta yang satu ini menjadi alasan sederhana mengapa tidur siang begitu bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, secara tidak langsung, tidur siang juga bisa mengurangi kemungkinan seseorang untuk terserang penyakit jantung dan juga stroke. Bagi mereka yang merasa sangat ngantuk dan memaksakan diri untuk tidak tidur, kerja jantung akan menjadi lebih cepat, atau jantung akan berdetak dengan lebih kencang. Dengan meluangkan waktu untuk tidur siang selama setidaknya 20-40 menit setiap hari, bisa mengurangi kemungkinan untuk terserang penyakit stroke dan juga penyakit jantung. Selain itu, tidur siang juga bisa membantu Anda untuk mengurangi hormone Kortisol yang merupakan hormon stres. Dengan tidur siang, maka berarti tubuh kita tidak akan terlalu banyak memiliki hormon stres bagi tubuh. Hal ini berarti bahwa tidur siang berguna bagi kesehatan tubuh. Demikian itu tadi informasi tentang manfaat tidur siang bagi tubuh.

Related posts: