Tips Agar Pencernaan Sehat Saat Sedang Berpuasa

Sebentar lagi bulan suci Romadlon tiba. Umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Selama berpuasa maka jadwal makan Kita sehari-hari akan berubah maka dari itu Kita harus mempersiapkan ya dengan baik agar tetap sehat selama bulan puasa besok.

Namun kebanyakan orang akan mengalami gangguan pencernaan karena kurang tahu bagaimana cara menghadapi bulan puasa dengan baik dan benar. Manajemen waktu makan yang tak teratur membuat pencernaan mereka pun kaget sehingga tak jarang justru mengakibatkan jenis penyakit lainnya. Padahal sebisa mungkin bulan tersebut Kita gunakan untuk beribadah secara maksimal.

Beberapa Cara Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

Banyak orang yang menyadari bahwa sumber dari segala macam penyakit adalah pencernaan. Jika pencernaan Kita sehat maka bisa di pastikan tubuh Kita pun sehat pula. Lalu bagaimana dengan cara menjaga kesehatan selama bulan puasa khususnya untuk kesehatan pencernaan Kita?

  • Buka puasa

Saat buka puasa biasanya banyak orang yang lupa untuk memakan yang sehat dan memiliki efek yang baik untuk pencernaan. Setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus rasanya menyegarkan jika bisa meminum segelas es yang segar. Namun usahakan untuk menghindarinya, ganti dengan minum yang hangat dan manis. Minum es atau minuman dingin lainnya hanya akan menyebabkan perut Anda kembung.

  • Makan buah dan sayuran

Agar supaya selama berpuasa Anda tetap memiliki tenaga dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal. Maka usahakan untuk perbanyak  konsumsi buah dan sayuran. Anda bisa memakan buah di sela waktu sebelum melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Untuk sayuran, lebih baik makan sayuran yang di kukus ketimbang rebus karena nutrisinya lebih tinggi sayur kukus.

  • Makan secara bertahap

Dan usahakan untuk bisa makan secara bertahap. Banyak yang keliru dalam hal ini. Saat berbuka semua sajian makanan ada di atas meja seakan harus di santap saat itu juga. Padahal dengan makan secara bertahap maka Anda sudah memberikan kesempatan pada lambung agar bisa mencerna makanan dengan baik dan sempurna.

Selain hal tersebut di atas, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup selama malam bulan Romadlon. Anda bisa mengaktifkan self reminder dalam smartphone Anda untuk mengingatkan Anda meminum segelas air putih. Dengan begitu maka tubuh Anda tak akan kekurangan asupan air putih setiap harinya selama bulan Romadlon. Demikian beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan khususnya di bulan Romadlon.

Related posts: