Tips Bagi Penderita Tukak lambung

Penyakit tukak lambung atau yang mempunyai nama lain Peptic Ulcer Disease (PUD) merupakan penyakit akibat adanya luka di usus duodenum atau lambung. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa mual, rasa yang tidak enak di lambung, panas, kembung, perih akibat telat makan dan semacamnya. Gejala yang disebutkan merupakan tanda dari maag, akan tetapi jika sudah terasa nyeri di ulu hati maka hal tersebut dapat merupakan tanda dari adanya tukak lambung. Penyakit ini sebenarnya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Jika Anda terkena penyakit ini maka tanda-tanda seperti anemia, penurunan berat badan dan anoreksia merupakan tanda-tanda adanya komplikasi yang dapat menjadi suatu penyakit berbahaya sehingga membutuhkan tes endoskopi segera.

Kiat Atasi Tukak Lambung

Untuk penanganan penyakit tukak lambung sendiri memerlukan perhatian yang khusus. Penderita biasanya akan merasa nyeri 30-60 menit setelah makan. Keadaan nyeri tersebut dapat bertahan 1-1,5 jam. Nyeri yang timbul disebabkan karena makanan bersentuhan dengan luka yang ada di lambung. Jika Anda mempunyai penyakit ini sebaiknya selalu makan secara teratur. Anda harus makan dengan teratur walaupun sedang tidak ingin makan. Kemudian selalu bawa biskuit, roti atau krekers di perjalanan atau kemanapun Anda pergi, agar Anda tidak menahan lapar dan mencegah perut dalam keadaan kosong. Anda juga perlu untuk menghindari makanan yang pedas dan asam karena akan meningkatkan produksi asam lambung.

Penderita ini juga disarankan untuk tidak memakan makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti bakso, sate, rendang dan lain, karena seringkali penderita tukak lambung tidak tahan terhadap makanan berlemak. Sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi oatmeal atau bubur gandum. Makanan yang baik untuk Anda konsumsi misalnya bubur sagu, aci, bihun dan semacamnya. Kemudian Anda juga perlu pengobatan dokter, selama pengobatan sebaiknya Anda menghindari makanan yang dikunyah lama seperti nasi dan ayam goreng. untuk menggantinya Anda dapat mengonsumsi nasi tim, ikan bakar presto dan bubur. Kemudian bagi Anda perokok, sebaiknya Anda berhenti untuk merokok, karena kandungan nikotin yang ada di dalamnya dapat memperlambat proses penyembuhan.

Related posts: