Tips Mengobati Sakit Gigi 2018

Sakit gigi memang benar-benar mengganggu aktivitas Anda mulai dari membuat susah makan, susah minum hingga menghancurkan mood. Penyebab sakit gigi yang utama adalah karena kebersihan mulut yang kurang dijaga. Adanya sisa makanan yang menumpuk bercampur dengan bakteri pembusuk di permukaan gigi juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Jika sudah sakit gigi, sebelum memeriksakannya ke dokter lebih baik Anda melakukan tips seperti berikut ini.

Tips Atasi Sakit Gigi

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang tajam pada gigi yang sakit. Peran air garam adalah sebagai desinfektan alami yang membantu melepas partikel makanan yang tersisa atau tersangkut di gigi. Tak hanya itu, peradangan yang terjadi pun dapat mereda dan luka di dalam mulut akan membaik.

Cara membuatnya mudah, cukup campurkan ½ sendok teh air garam dengan segelas air hangat lalu aduk hingga garam terlarut sempurna. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur.

  • Kompres Dingin

Sakit gigi biasanya dibarengi dengan gusi dan pipi yang membengkak di area sakit. Bengkak yang timbul tersebut menjadi indikasi bahwa adanya infeksi pada gusi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres pipi yang mengalami bengkak tersebut dengan air es atau air dingin.

Kompres dingin membuat pembuluh darah menjadi menyempit dan nantinya rasa sakit akan berkurang. Suhu yang rendah dari kompres juga akan membantu bengkak menjadi kempes serta meredakan radang. Kompres dibuat dengan membungkus es menggunakan handuk lalu ditempelkan pada area yang bengkak selama kurang lebih 20 menit.

  • Minum Obat Pereda

Jika cara alami seperti yang di atas tidak ampuh dalam mengobati sakit gigi Anda, maka masih ada satu cara yang dapat dicoba yaitu dengan meminum obat pereda sakit. Contoh obat ini yaitu paracetamol serta ibuprofen. Selain itu bisa juga konsumsi aspirin (asam mefenamat) agar nyeri Anda berkurang. Perlu diperhatikan, dalam mengonsumsi obat tersebut Anda harus tetap mengikuti saran dokter atau petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan.

Nah demikian itulah beberapa tips untuk mengatasi sakit gigi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts: