Tips Mengonsumsi Obat Cina

obat herbalPengobatan tradisional dari negeri tirai bambu atau negeri cina biasanya dalam pembuatan obat cina menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa obat ini aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Akan tetapi hal ini merupakan opini yang salah, walaupun sebagian besar bahan dasar dalam pembuatan obat yang digunakan untuk pengobatan cina akan tetapi obat ini ternyata memiliki efek samping juga, walaupun efek samping yang diberikan tidak terlalu besar jika dibandingkan obat kimia yang beredar di rumah sakit.

Berbagai Tips Dalam Mengonsumsi Obat Cina

Dalam sebuah  TCM ada istilah obat yang memiliki sifat superior, medioker dan juga inferior. Superior merupakan istilah untuk obat cina yang memiliki efek kerja luas akan tetapi memiliki efek samping yang paling sedikit, jenis obat ini tergolong obat aman, karena sebagian besar bahannya berasal dari bahan alam. Contoh dar obat yang bersifat superior adalah yang berasal dari ginseng, dimana seribu manfaat yang diberikan oleh ginseng dengan efek samping yang sangat sedikit. Selain superior, sifat dari obat adalah medioker dimana jenis obat ini memiliki efek kerja dan efek samping yang berimbang, sehingga obat jenis ini tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi karena kegunaannya dalam tubuh tidak terlalu besar, salah satu contoh dari jenis ini adalah jahe, dimana jahe dapat untuk menghangatkan dan anti mual.

Terakhir, sifat dari obat cina yang lainnya adalah inferior yang mana jenis obat ini memiliki efek samping yang lebih besar jika dibandingkan dengan manfaatnya, jenis obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai obat tunggal, biasanya diminum bersama-sama dengan obat yang lainnya. Salah satu obatnya adalah ephedra, dimana obat ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari tanaman sefedrin, yang mana efedrin ini apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menimbulkan penyakit jantung. Selain dari mengontrol obat yang akan dimakan, kita juga harus memperhatikan apakah obat tersebut sudah dapat izin edar resmi atau belum. Jika belum jelas sebaiknya tidak diminum untuk menghindari berbagai macam dampak buruk yang akan terjadi.

Related posts: