Tips Menjaga Kesehatan Anak-Anak

Aktivitas anak-anak sangatlah beragam, sehingga menimbulkan tingkat kesehatan antara yang satu dengan yang lainnya pun berbeda-beda. Namun jika dilihat secara keseluruhan, masalah kesehatan anak teruslah meningkat. Ada berbagai penyebab yang menimbulkan hal ini terjadi, baik faktor dalam diri anak itu sendiri maupun karena faktor dari luar. Jika melihat secara realistis, kini kebanyakan anak yang kurang melakukan aktivitas yang bermanfaat, sehingga mereka lebih banyak diam dari pada bergerak dinamis. Anak-anak kini lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain game atau menonton video tertentu, sehingga daya tahan tubuh anak pun sangat lemah, bahkan justru banyak masalah kesehatan yang timbul. Bagi Anda sebagai orang tua, maka Anda harus berperan menjaga kesehatan Anak Anda. Apalagi kebanyakan anak sangat sulit diatur sehingga Anda harus berlaku bijak untuk membuat anak Anda hidup dengan teratur sehingga kesehatan anak Anda tidak terganggu.

3 Hal Yang Perlu Ibu Perhatikan Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan yang terbaik untuk anak Anda, begitu pun dengan kesehatan Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan anak.

  • Aktivitas Anak Yang Positif

Masa anak-anak merupakan masa dimana tumbuh kembang sangat cepat, sehingga Anda harus memaksimalkannya. Usahakan untuk mengikutkan anak Anda untuk mengikuti beragam kegiatan, seperti halnya pencak silat, tari, dan aktivitas lainnya. Karena dengan bergerak, maka anak Anda akan semakin kuat dan kekebalan tubuhnya akan meningkat. Anda perlu menjauhkan anak Anda dari hal-hal negatif seperti halnya main game. Tidak salah jika anak main game, tetapi sebagai orang tua, Anda perlu membatasinya.

  • Pola Makan Yang Baik

Anda juga perlu memperhatikan pola makan. Biasanya ada beberapa anak yang sulit makan atau karena terlalu asyik melakukan aktivitas yang disukainya, akan lupa makan. Di sinilah tugas Anda sebagai orang tua untuk mengingatkan jadwal makan anak Anda. Dan tentunya jangan lupa untuk selalu memberikan nutrisi yang cukup, yakni memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatan anak Anda dan bagaimana tumbuh kembangnya.

  • Istirahat Yang Cukup

Waktu tidur untuk anak lebih banyak jika dibandingkan dengan waktu tidur orang dewasa. Anak membutuhkan waktu tidur sekitar 9-12 jam, tergantung usianya. Ketika anak tidur, maka tubuh anak akan terisi dengan energi, dan akan sangat membantu pertumbuhan anak. Jika anak kurang istirahat, maka anak akan terlihat lesu, pucat, dan tidak bergairah.

Related posts: