Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Seorang anak tentu menjadi karunia yang indah yang diberikan oleh sang Pencipta untuk keluarga Anda. Ada banyak orang yang mengalami masalah keluarga ketika tidak diberikan seorang anak. Ini tentu sudah menjadi sewajarnya jika Anda harus menjaga kesehatan anak Anda. Seorang bayi akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih sangat lemah sehingga sangat rentan mengalami berbagai macam penyakit. Untuk itu, bayi akan membutuhkan perhatian yang lebih dibandingkan yang lainnya. Anda harus memperhatikan nutrisi serta berbagai macam hal lainnya agar sang bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tips Menjaga Kesehatan Bayi agar Tumbuh dengan Baik

Bagi Anda yang memiliki bayi, maka ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar sang bayi tumbuh dengan sehat:

  1. Beri ASI selama 2 tahun

ASI menjadi sumber nutrisi utama bagi sang bayi. Berbagai macam nutrisi yang terdapat di dalam ASI tidak dapat diperoleh sang bayi dari bahan lainnya. Beberapa ibu justru tidak ingin memberikan ASI-nya kepada sang bayi. Tentu hal ini akan mengganggu tumbuh kembang sang bayi untuk ke depannya. Sudah menjadi anjuran untuk memberikan ASI sampai bayi Anda berusia 2 tahun.

  1. Menjaga kebersihan payudara

Karena payudara yang akan menjadi tempat sang bayi mendapatkan ASI, maka sudah menjadi sewajarnya jika Anda harus menjaga kebersihan payudara Anda. Jangan sampai saat sang bayi meminum ASI, payudara Anda dalam kondisi kotor. Bakteri yang terdapat di payudara dapat membuat bayi Anda mengalami gangguan kesehatan.

  1. Mencuci tangan

Kulit bayi sangat sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mencuci tangan sebelum menyentuh kulit sang bayi. Jika Anda tidak menjaga kebersihan kulit Anda, maka kulit sang bayi dapat mengalami gangguan seperti gatal-gatal.

  1. Jangan lupa mengganti popok

Beberapa orang tua menggunakan popok untuk memudahkan agar tidak berkali-kali mengganti celana sang bayi. Yang harus Anda perhatikan adalah popok tersebut harus rutin diganti. Jika kondisi terlalu lembab, maka dapat menyebabkan bakteri dan jamur mudah tumbuh sehingga akan mengganggu kesehatan sang bayi.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan bayi.

Related posts: