Tips Menyusui Agar Tidak Merasakan Sakit

hamilMemberikan ASI kepada buah hati sangatlah bermanfaat salah satunya memberikan nutrisi terbaik. Akan tetapi seringkali ibu mengeluhkan sakit pada saat bayi mengisap ASI yang seringkali menjadi alasan untuk berhenti memberikan ASI. Hal ini harusnya tidak baik jika harus berhenti memberikan ASI maka nutrisi bayi tidak tercukupi dengan baik. Usia bayi 0-6 bulan, makanan yang dikonsumsi sebaiknya memang hanya ASI jadi agar Anda tidak mengalami kesakitan pada puting saat memberikan ASI lakukan beberapa cara dalam tips menyusui dibawah ini.

Tips Menyusui Agar Tidak Merasakan Sakit

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari ASI jadi tidak ada salahnya jika Anda memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda. Salah satu manfaat memberikan ASI adalah menurunkan berat badan pasca persalinan. Tips menyusui agar Anda tidak merasakan sakit pada saat memberikan ASI adalah sebagai berikut. Pertama, usahakan dengan posisi yang benar. Bagi Anda ibu muda atau belum berpengalaman dalam hal memberikan ASI posisi yang paling tepat adalah cradle hold, dimana dilakukan dengan cara menggendong bayi Anda tepat di depan perut dan usahakan bayi Anda menempel perut Anda. Agar tidak letih gunakan bantal untuk menyangga. Jika Anda melakukan persalinan dengan proses Caesar maka sebaiknya lakukan posisi side lying hold dengan membaringkan bayi pada sisi Anda lalu hadapkan bayi ke arah payudara Anda. Kedua bantu bayi untuk menghisap areola bukan puting dengan tangan Anda. Sebagian besar seorang ibu menempatkan puting untuk dihisap oleh bayinya sehingga rasa sakit dialami karena puting ditarik. Untuk menghindari lecet dan rasa sakit akibat ditarik maka lakukan cara memberikan ASI yang benar yaitu pada saat bayi menghisap ASI maka usahakan menghisap areola.

Itulah uraian singkat mengenai tips menyusui yang benar agar Anda terhindar dari rasa sakit. Banyak solusi yang mengatasi permasalahan Anda jadi tidak ada alasan untuk menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang memberikan ASI eksklusif atau orang sekitar Anda yang mengeluhkan sakit pada saat karena memberikan ASI.

Related posts: