Tips Sehat Saat Bekerja Di Depan Layar Komputer

Bekerja merupakan sebuah pilihan bagi orang yang telah dewasa. Apalagi hal yang akan dilakukan ketika menginjak usia dewasa jika tidak bekerja dan kemudian meraih mimpi-mimpi selanjutnya. Setiap orang memiliki aktivitas bekerja yang berbeda-beda. Ada yang aktivitas bekerjanya menghabiskan banyak energi yaitu dengan mobilisasi yang tinggi dari satu kota ke kota yang lain. Namun ada pula orang yang bekerjanya terlihat santai dan hanya duduk di depan layar komputer. Akan tetapi perlu diketahui bahwa seseorang yang bekerja di depan layar komputer juga menghabiskan banyak energi untuk berpikir. Namun mereka mengalami keterbatasan gerak karena hanya duduk diam saja sepanjang hari. Duduk diam seperti hal tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti gangguan mata, sakit punggung dan juga persendian.

Mengatasi Berbagai Macam Gangguan Saat Bekerja

Berbagai macam gangguan dapat menghampiri ketika sedang bekerja. Bagi orang yang bekerjanya duduk diam di depan layar komputer, biasanya dapat mengalami gangguan seperti mata kering, sakit punggung dan masalah persendian. Untuk dapat mengatasi gangguan-gangguan ini Anda dapat melakukan hal-hal berikut;

  1. Mengatur jarak pandang ketika bekerja di depan layar komputer. Jarak pandang yang tepat dapat membuat mata dan juga persendian menjadi lebih nyaman, sehingga dapat menghindari masalah seperti mata kering.
  2. Banyak minum air putih, terutama ketika haus dan berhenti setelah tidak haus. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan khawatir jika Anda akan sering bolak-balik ke kamar kecil, karena dengan Anda bolak-balik ke kamar kecil maka akan membuat tubuh menjadi lebih sering bergerak dan ini sangat baik bagi Anda.
  3. Buat alarm setiap 1 atau 2 jam sekali untuk menggerakkan tubuh. Hal tersebut karena Anda perlu meregangkan otot-otot tubuh serta untuk melancarkan aliran darah. Anda dapat menggerakkan tubuh dengan gerakan tubuh yang sederhana.
  4. Lebih sering untuk memilih aktivitas jalan, misalnya dengan memarkir kendaraan di tempat yang agak jauh, menggunakan tangga untuk naik ke dua lantai berikutnya dan lain-lain.
  5. Anda juga perlu mengatur besar kecilnya layar komputer, karena layar yang terlalu kecil dan terang dapat membuat mata menjadi lebih cepat lelah dan sakit kepala.

Related posts: