Tips Untuk Menjaga Kesehatan Lansia

Menjaga kesehatan lansia adalah hal yang cukup sulit, karena kondisi lansia sudah berbeda dengan usia muda. Lansia cenderung memiliki kekebalan tubuh yang rendah, cepat lelah, tulang sudah tidak mampu menopang lama, dan banyak sekali hal yang dikeluhkan. Untuk itu, sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan lansia. Di usia senja ini diharapkan masih tetap bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa ada gangguan.

Mengatur Pola Makan dan Aktivitas Untuk Kesehatan Lansia

Jika Anda memiliki orang lansia di rumah, maka Anda perlu untuk membantunya menjaga kesehatan. Karena biasanya lansia akan selalu membutuhkan bantuan orang rumah untuk menjaga dirinya. Perlu diingat kembali bahwasanya lansia memiliki cara perawatan yang khusus dibandingkan orang pada umumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti halnya pola makan, pola aktivitas, dan kebiasaan. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan lansia.

Pertama adalah untuk pola makan. Lansia perlu makan secara teratur, yakni tiga kali sehari. Namun perlu digarisbawahi bahwa jenis makanan yang dimakan haruslah diolah dengan benar. Jangan sampai olahan makanan yang dibuat masih dalam bentuk yang kasar, sehingga sulit untuk dicerna. Karena sistem pencernaan lansia tentunya sudah mulai menurun fungsinya. Mengonsumsi buah dan sayur juga perlu dilakukan. Usahakan untuk rutin melakukannya, karena ini juga bisa membantu kesehatan. Lansia juga perlu untuk mengonsumsi susu khusus lansia yang mengandung tinggi kalsium.

Selain pola makan, yang harus dijaga adalah pola aktivitas dan kebiasaan. Lansia tidak perlu melakukan aktivitas yang terlalu berat. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh lansia tidak begitu kuat, sehingga sangat mudah untuk lelah. Perbanyaklah mencari sumber hiburan yang bisa merelaksasikan pikiran, sehingga tidak penat. Olahraga juga perlu dilakukan, karena ini membantu menjaga kesehatan tulang. Cukup dengan melakukan olahraga peregangan dan jalan santai pun sudah cukup. Hal ini juga bisa membantu khasiat dari susu kalsium yang dikonsumsi, sehingga tidak terjadi penumpukan kalsium.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan lansia. Pada dasarnya cara tersebut tidaklah sulit jika sudah menjadi sebuah kebiasaan dan rutinitas. Karena biasanya ingatan lansia tidak terlalu tajam, maka perlu diingatkan untuk melakukan aktivitas dan mengatur jadwal makan.

Related posts: