Training K3 Dan Kelebihannya

Pelatihan K3Pekerjaan yang tidak mengenal waktu seperti pemadam kebakaran dituntut untuk selalu siap untuk mendapatkan panggilan kerja kapan pun dan dimana pun. Resiko pekerjaan yang tinggi selalu menanti tanpa gentar. Oleh karena itu, adanya training K3 sangat diperlukan untuk menjaga dan menjamin keselamatan karyawannya. Pekerjaan yang dilakukan pemadam kebakaran tidak hanya sekedar memadamkan api. Akan tetapi ketika ada seseorang atau hewan yang terjebak di ketinggian kemudian tidak bisa turun, maka pemadam kebakaran harus siap dipanggil setiap waktu guna menunjukkan profesionalitas mereka dalam bekerja dan membantu masyarakat. Maka dari itu, keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi hal dasar yang diketahui, dipahami, dan dilakukan oleh pemadam kebakaran.

Apa Manfaat Training K3 Bagi Ahli K3 Umum?

Ahli K3 umum merupakan program yang diatur oleh pemerintah melalui kepmenaker no. 2 tahun 1992 yang mana isinya mengatur cara penunjukan ahli K3 umum. Yang mana tugasnya adalah sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk mengawasi jalannya pekerjaan karyawan di tempat kerjanya agar dapat meminimalisir adanya resiko dan kecelakaan kerja, karena keselamatan ketika bertugas merupakan hal yang selalu diharapkan. Dalam hal ini ahli K3 umum juga berperan aktif di pemadam kebakaran. Hal ini dikarenakan, pemadam kebakaran merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki resiko pekerjaan tinggi. Dengan adanya, training K3 ini dapat membantu pemadam kebakaran melakukan inspeksi pencegahan kebakaran, memeriksa dan memelihara sarana prasarana pelindung kebakaran. Pengecekan ini sangat penting dilakukan karena sarana prasarana pelindung kebakaran ini merupakan tameng mereka ketika memadamkan api.

Yang bisa mengikuti training ini minimal yang telah menempuh pendidikan sekolah menengah atas atau sederajat dengan memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan. Dengan mengikuti training ini, banyak hal yang bisa didapat, misalnya pengembangan program dan keselamatan kesehatan kerja, perlindungan terhadap bahaya  peledak,  sistem pengendalian asap, dan sebagainya. Dengan banyaknya materi yang didapat, ahli K3 umum bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Demikian artikel mengenai training K3 bagi ahli K3 umum.

Related posts: