Usaha Kedai Kopi Di Indonesia

Indonesia identik dengan negara penghasil kopi di dunia. Kopi juga kini telah menjadi komoditi yang cukup tinggi permintaan pasarnya. Tidak heran kedai kopi kini telah tersebar luas dimana – mana. Usaha kedai kopi memang menggiurkan dan menjanjikan karena tradisi minum kopi telah lama dan menjadi trend atau gaya hidup di Indonesia. Selain itu, fungsi kedai kopi juga bermacam – macam. Mulai dari sekedar untuk berkumpul dengan teman, tempat melepas penat sehabis kerja, untuk meeting, dan tidak jarang menjadi tempat untuk transaksi dan masih banyak sekali fungsi lainnya.

Persiapan Usaha Kedai Kopi

Apabila kamu ingin membuat bisnis kedai kopi, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Berikut adalah persiapan yang harus kamu lakukan bila ingin membuka usaha kedai kopi.

  1. Lokasi usaha

Pikirkanlah tempat atau lokasi strategis. Survei tempat yang sekiranya memang jadi tempat biasa banyak orang dan tentunya ramai. Kamu bisa mencari lokasi di kawasan pusat perbelanjaan, kampus, kantor, sekolah dan masih banyak lagi.

  1. Survei pasar dan konsumen

Surveilah ke kedai kopi lain untuk mencari tahu jenis hidangan dan minuman kopi apa yang banyak disukai pelanggan. Hal ini sangat penting apabila kamu ingin membuka kedai kopi. Selain untuk survei minat pelanggan, kamu juga bisa melihat dan mengembangkan konsep dari kedai lain sehingga kedai kamu lebih memiliki ciri khas.

  1. Menu pada kedai

Buatlah menu yang menyediakan berbagai jenis menu minuman kopi serta makanan apa yang cocok untuk mendampingi minum kopi.

  1. Strategi promosi

Apa pun usahanya, tetaplah harus dipromosikan. Hal ini sangat penting agar orang – orang tahu bahwa kini kedai kamu telah buka. Kamu dapat mempromosikan kedai kopi kamu lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Namun dari kebanyakan tempat kopi, bentuk promosi yang terbaik adalah dengan merangkul komunitas. Karena apabila kedai kamu sudah menjadi tempat komunitas tidak usah takut akan kehilangan pelanggan karena komunitas tersebut akan terus bertambah.

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin membuka kedai kopi. Namun tentu saja pelayanan yang terbaik serta ramah merupakan cara terbaik dalam menarik pelanggan. Selamat berbisnis.

Related posts: