Waspada Bisnis Travel Online

Bisnis travel mungkin sering dianggap sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan memiliki peluang menjanjikan di masa yang akan datang. Seperti yang kita lihat sekarang ini para pelaku atau pemilik travel memiliki penghasilan yang cukup besar dan sudah tidak lagi mengalami masalah ekonomi sulit. Hal ini tentunya membuat kita juga ingin membuka bisnis yang sama. Yah, walaupun memang persaingan bisnis travel sangat banyak dan tersebar di wilayah Indonesia, tetapi kemungkinan sukses pada bisnis ini masih cukup besar. Karena permintaan konsumen akan pemesanan tiket dan penyediaan jasa travel pasti akan ada setiap harinya. Yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi untuk membuka bisnis travel. Hindari lokasi-lokasi yang sudah banyak memiliki persaingan bisnis ini. Untuk membuka usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh karena itu, jika Anda belum memiliki cukup modal, Anda bisa memilih untuk bisnis travel online.

Hal Yang Perlu Diwaspadai

Mendengar dari kata online, dapat dipastikan bisnis ini menyediakan layanan melalui website ataupun aplikasi. Jadi, konsumen bisa melakukan pemesanan tiket secara online tanpa harus datang ke kantor. Selain memudahkan konsumen, juga memudahkan pelaku bisnis. Namun, bisnis travel online ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadi kesalahan

Pemesanan yang dilakukan secara online, sangat dimungkinkan terjadinya kesalahan rute, jadwal maupun tujuan. Jika Anda tidak berhati-hati kesalahan ini dapat mungkin terjadi dan merugikan konsumen. Selain kehilangan konsumen, Anda juga harus mengganti rugi biaya operasional yang dikeluarkan. Hal ini tentu membuat Anda mengalami kerugian.

  1. Stress kerja

Mengingat bisnis online menghabiskan banyak waktu di depan komputer, hal ini akan membuat Anda stress kerja karena hanya melulu duduk dan bermain-main dengan komputer di ruangan. Tentu hal ini berbeda jika Anda bekerja pada bisnis travel offline, Anda hanya menunggu orang yang memesan tiket di kantor tanpa harus selalu memandang komputer.

  1. Penjualan tidak stabil

Hal ini mungkin dapat saja terjadi terutama jika kurang melakukan promosi pada bisnis travel online yang Anda jalani.

Related posts: